Rabu, 21 April 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. dalam kata lain kita harus menanggung semua resiko yang telah kita perbuat. Tanggung jawab merupakan keharusan bagi kita yang melakukan sesuatu perbuatan. karena dengan kita bertanggung jawab, kita dapat menjadi seseorang yang dapat dipercaya oleh orang lain.
Tanggung jawab bukan hanya kepada sesama manusia atau diri sendiri saja, tetapi kita harus bertanggung jawab terhadap tuhan. Contoh tanggung jawab terhadap tuhan adalah, kita harus menanggung resiko yangtelah kita perbuat selama kita di dunia dan kita akan menanggung semua perbuatan kita di akhirat nanti.
Tanggung jawab bisa diwujudkan dalam sebuah pengorbanan atau pengabdian. Pengorbanan adalah suatu tindakan atau perbatan yang bertujuan untuk membantu seseorang/sesuatu dengan rasa ikhlas tanpa ada paksaan sedikitpun. pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggungjaab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar